hello you there!

Rasa-rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis tentang diri saya. :p. Life’s been busy!

Saya sudah menyelesaikan pendidikan master saya di Taiwan dengan nilai yang *uhuk* cukup memuaskan bulan Juli lalu. Bahkan para professor penguji sempat *uhuk* memuji.

Saya sudah kembali ke tanah air 3 hari sebelum lebaran kemarin, sekitar bulan Agustus. Kepulangan saya diiringi dengan ketidakrelaan Prof. Fuku karena beliau mengharapkan saya menulis dan mempublish tesis saya di salah satu jurnal internasional. Well, dengan (agak) berat hati, rayuan beliau terpaksa saya tolak. Heu

Setibanya di rumah, si ibu ingin agar saya ‘berisitarahat’ dahulu sebelum mencari kerja. I did that. hampir 3 minggu saya luntang-lantung tidak ada kerjaan di palembang, sampai akhirnya saya memutuskan untuk ke Bandung sambil mencari kerja.

Selama di Bandung, beberapa lamaran saya kirimkan ke beberapa perusahaan/instansi yang saya minati. Saya belum tertarik untuk kerja di BUMN apalagi PNS, juga program-program yang ada MT, ODP, OJT dan sebangsanya. Jadilah saya fresh graduate, nol pengalaman kerja, juga sombong.

Hari kedua saya tiba di Bandung, saya mengikuti tes Air Liquide, sebuah perusahaan gas asal Perancis. Lolos, dan dipanggil untuk FGD dan interview, namun tidak saya teruskan karena bersamaan dengan interview yang lain.

Hari keberapa, saya mengikuti tes Garuda Maintenance Facility, lolos hingga tahap wawancara user, kemudian entah bagaimana kabarnya karena HP saya hilang.

Minggu kedua saya mengikuti interview Environmental Resources Management (ERM), sebuah perusahaan konsultan internasional yang bisa dibilang adalah dream company dan dream jobnya saya. Sebelum lulus, saya iseng2 apply ERM kantor Korea, namun sepertinya tidak ada harapan. Haha. Jadi, ketika dipanggil interview untuk ERM Jakarta, saya sungguh sangat super excited.

Selang beberapa hari, saya iseng-iseng melamar di Japan International Cooperation Agency (JICA), lembaga donor milik Jepang, semacam USAID nya Amerika atau GIZ nya Jerman. Lalu dipanggil interview yang bertepatan dengan FGD Air Liquide, namun saya lebih memilih JICA. Kerja di lembaga donor juga merupakan salah satu dream job buat saya. Saya pernah melamar untuk program internship di Asian Development Bank di Manila, namun gagal. Heu.

Posisi di JICA ini adalah untuk project climate change sebagai junior local expert. Jadilah saya tambah jatuh hati. Project ini banyak bekerja sama dengan lembaga donor lain, kementerian-kementerian terkait, experts, akademis juga pemerintah daerah yang artinya saya akan banyak travelling keliling Indonesia. how can i resist this kind of job?

Hari senin pagi saya diinterview, siangnya langsung dikonfirmasi bahwa saya diterima bekerja dan diharapkan bisa memulai hari kamis minggu itu juga. Mungkin mereka sebegitu terpesonanya sampai-sampai ingin saya memulai kerja sesegera mungkin. Padahal ketika diinterview, mereka bilang bahwa akan memberi kabar akhir minggu. Saat itu saya bingung sekali, karena teman saya di ERM bilang bahwa kemungkinan besar saya diterima bekerja di sana.

Dua kesempatan emas. gaji yang ditawarkan sama persis. banyak travelling dan bekerja dengan banyak pihak dengan berbagai latar belakang. Setelah tanya sana tanya sini, telpon sana telpon sini, ym sana ym sini akhirnya saya memutuskan untuk menerima JICA.

Today is my 2nd week! Sejauh ini sih kerjanya menyenangkan. I work with policy makers. Bertemu dengan orang-orang penting di pemerintahan, para experts dan lembaga donor dari negara lain. Well, semoga ini adalah pilihan tepat. I set my expectation quite high for this job.

 

One thought on “hello you there!

Leave a Reply

