4th day

Hari ke empat. Pagi pagi liat car free day bentar di jalan dago. Tinggal ngesot dr hotel.

Abis itu poto2 di gerbang ganesha sama si prof. Haha. Berasa jaman baheula. Daan td awannya cantik banget nget!

Abis poto2, kita meluncur ke lembang! Msh dtemani sama mas eko dr lsm biru, kita main ke rumah rumah pengguna biogas. Sapinya kali ini ada yang cantik! Walau tetep, buat saya mereka terlihat tampan!

Berhasil mewawancarai 4 penduduk, dari sekitar 30an pengguna biogas. Yg lain pada sibuk. Ada yg ke kebon, bangun rumah, bersihin kandang, gerak jalan dan sebagainya. Hoho.

Sekitar jam 11an beres wawancara lalu kita makan siang di sawung pengkolan.
Mesen gurami goreng juara sama sambel dadak! Astagoo, lemak nian! Plus cah kangkung sama sayur asyeemm.
Si prof ampe nambah berapa kali. Hihi.

Tapi abis maem astago lalernya banyak nian. Smoga si prof ga ilfil. Hahaa.

Peruut kenyaang hati senaaang.

Abis itu kita ke tangkuban! Si prof terlihat senang. Semoga.
Doi beli jimbe, semacam gendang gitu. Ukuran 60cm seharga 280ribu. Saya sudah berusaha mengeluarkan kemampuan negosiasi, tp cuma turun 20rb dr harga awal. Yah, semoga kita berdua ga ditipu si emang. Amin.

Oiya, tiket masuk tangkuban buat bule mahal nian! 50rb weew. Sedang buat pribumi cuma 13rb. Tsk

Lalu beli jagung bakar sama ketan bakar. Jagungnya enak, ketannya hai hao alias so-so.

Abis naik naik ke puncak gunung kita terus ke ciater!

Si prof bilang terakhir dia hot spring pas jaman batu keknya. Hoho. Dia girang banget, walo katanya hot spring dsini lbh mirip kek taiwanese style dibanding japanese style. Kalo di jepang, orang2 pada ga pake baju. Wiiw. Dan bahkan ada yg dcampur katanya.

Abis berendem, kita turun gunung. Adalah kesalahan besar lewat ledeng. Macetnya udah kek apa. Bikin emosi jiwa. Ada kali sejam setengah bermacet macet ria.

Sampe kota si prof saya ajak melihat gedung gedung tua peninggalan belanda di jalan merdeka sama braga. Lalu ngelewatin stasiun.

Setelah sebelumnya kita makan bakso MANDEEP! Huaahh, terharuu pas makan. Huks. Ini bakso ga ada dua emang. Si prof aja sampe bilang “no wonder you miss this”. Hoho.

Lalu sebelum pulang ke hotel, saya anter ke circle K buat icip2 bir indo kek apa. Bir bintang sama anker bir. Cuma dua itu kan ya merk lokal kita? (Ini dosa ga ya? Kan saya g ikutan minum ya Tuhan)

Lalu senjata terakhir, bolen kartika sari. Doi beli yg duren, buat sarapan besok pagi ceunah.

Yooshh! Misi kami di bandung selesai. Saatnya bergerak ke timur. JOGJA!! Pesawat jam 9.45 tapi kami harus berangkat 4 subuh dari bandung. Damn jakarta!