(no) stupid questions

“Prammuu,  bikin tunnel yang melewati laut laut gmana caranya? Kek Chunnel yang di Inggris itu?”

Pertanyaan yang mungkin terdengar (sedikit) bodoh yang ditujukan kepada mahasiswa jurusan sipil, lulus tepat waktu dengan predikat cum laude dan sekarang sedang mengambil master pula. Heu. Tapi kalau bukan bertanya padanya, who else?

Pertanyaan-pertanyaan bodoh ini sering (sekali) aku lontarkan. Masih ingat, sekitar setahun yang lalu, ketika suatu sore  melewati pembangunan pusat belanja balubur di depan kantor rektorat (apa sih namanya? balubur plaza?) aku lagi-lagi menanyakan gimana caranya crain setinggi itu disusun.

Dan juga pertanyaan tentang bagaimana pondasi jembatan yang menghubungkan dua pulau yang dipisahkan lautan dibuat. Bagaimana pondasi gedung-gedung pencakar langit dibuat. Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang sering aku tanyakan.

Dan biasanya akan dijawab dengan

“Jadi begini Yosi,       “

yang kemudian diikuti dengan anggukan-anggukan kepala, terlebih dahulu disela dengan pertanyaan-pertanyaan lain jika dirasa penjelasan darinya terlalu susah untuk dimengerti.

“Ha? bentar-bentar, aku bayangin dulu. Masih ga ngerti. Coba pake bahasa yang lebih manusiawi Prammuu”

.

dan dia biasanya bilang

“haduh-haduh, wajar aja kemarin lulusnya lama. Kamu harus banyak baca. Malu-maluin aja. Propinsi di sulawesi ada berapa coba? Ibukotanya apa aja? Nama menteri ini apa? Pahlawan revolusi siapa aja? Turunan ini gimana?”

yang kemudian disusul dengan pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan umum, yang biasanya pula aku jawab dengan lebih banyak cengiran karena lupa atau tidak tahu jawabannya. Dan dia yang tertawa puas melihat raut mukaku yang kebingungan, serta tidak lupa gelengan disertai ckckckck yang meragukan isi otakku. Huks.

.

.

.

Ps. Buat prammuu,

Terimakasih untuk ‘diskusi-diskusi’ selama ini. Semoga masih punya stok kesabaran lebih. Semoga kita masih bisa terus bercerita. Semoga aku masih punya banyak stok pertanyaan yang semoga akan semakin pintar dan yang penting lagi semoga kamu selalu punya cadangan jawaban untuk pertanyaan – pertanyaan yang aku ajukan.

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s