bercerita,

.

‘Kamu tahu Yosi, . .’

.

Aku suka sekali kalau kamu sudah mengeluarkan kata-kata sakti andalanmu itu. Selalu saja bisa menarik perhatianku untuk kemudian mendengarkan kamu bercerita. Diiringi dengan mata kamu yang berbinar serta melebar. Kalimat-kalimat yang sering kali tidak bisa aku tangkap karena kamu terlalu bersemangat. Kamu memang memiliki kecepatan luar biasa ketika bercerita, belum lagi ditambah aku yang seringkali kambuh lemotnya. Ah, maafkan aku yang kadang-kadang malah terlalu asyik memperhatikan muka kamu sampai-sampai tertinggal jejak dan meminta kamu mengulang cerita.

.

Masih ingat tentang edisi Mahabharata?

Malam itu kamu semangat sekali menceritakan konflik para Pandawa lima dengan saudara sepupu mereka seratus Korawa, mengenai sengketa hak pemerintahan tanah negara Astina. Puncaknya adalah perang Bharatayudha di medan Kurusetra dan pertempuran berlangsung selama delapan belas hari.

Dan saat itu aku baru tahu kisah Mahabharata edisi paling lengkap, tentu saja versi kamu yang jauh lebih menarik. Dan ketika kamu bertanya bagaimana bisa aku banyak lupanya, aku hanya tertawa sambil meminta kamu meneruskan cerita. (Perlu kamu tahu bahwa berada di dekatmu bisa membuatku terkena amnesia ringan, tiba-tiba lupa pada banyak hal. Yang sampai saat ini masih membuatku heran, dan obat penangkalnya belum ditemukan. Kamu masih harus banyak bersabar. ya?)

.

.

Lalu malam ini, edisi spesial.

Idola kamu nomor satu

.

.

dan aku masih belum bosan mendengar kamu bercerita.

semoga kamu juga tidak bosan bersamaku membaginya.

.

.

Lalu akan ada edisi ke seribu sekian,
dan seribu berikutnya kemudian.
Dengan pendengar-pendengar tambahan,
yang juga akan bermimpi setinggi awan.
Seperti aku, kamu
seperti kita.
Semoga.

.

Leave a Reply

